Standar Pelayanan Publik

Layanan Rujukan
UPT Puskesmas Sanden

Jenis Layanankonsultasi, rujukan internal, rujukan eksternal
Jangka Waktu Penyelesaian15 Menit
Biaya / TarifRp.7.500
Tidak dipungut biaya
Biaya berdasarkan rumus / lainnya
Deskripsi Biaya / Tarif Total

1. Pasien umum: sesuai dengan Peraturan Bupati Bantul no. 45 tahun 2016 tentang tarif layanan pada BLUD Puskesmas dan Peraturan Bupati Bantul no. 49 tahun 2016 tentang subsidi jasa pelayanan tarif layanan kesehatan pada BLUD Puskesmas 

2. Pasien JKN: sesuai dengan UU no. 24 tahun 2011 tentang BPJS dan Permenkes no. 59 tahun 2014 tentang standar tarif JKN 

3. Pasien Jamkesda: sesuai dengan Perda Kabupaten Bantul no. 04 tahun 2020 tentang pendampingan pembiayaan kesehatan

Penanganan Pengaduan

1. SMS Center Bupati: 081328848000 

2. Email: pusk.sanden@bantulkab.go.id 

3. Telepon: (0274) 6464295 

4. Secara tertulis melalui: 

a. Surat ditujukan kepada Kepala Puskesmas Sanden 

b. Kotak Saran

Produk Layananrujukan internal, rujukan eksternal
Kata Kuncirujukan

Persyaratan Layanan :

1. Pasien sudah terdaftar pada aplikasi DGS

Prosedur Layanan :

1. Petugas unit pelayanan memanggil pasien sesuai urutan
2. Petugas unit pelayanan mencocokan identitas pasien dengan rekam medis pasien
3. Petugas unit pelayanan melakukan anamnesa pasien
4. Petugas unit pelayanan melakukan pengukuran vital sign
5. Petugas unit pelayanan melakukan pemeriksaan fisik
6. Petugas unit pelayanan menegakan diagnosa berdasarkan hasil anamnesa dan pemeriksaan fisik
7. Petugas unit pelayanan merujuk pasien ke unit pelayanan terkait atau ke pemeriksaan penunjang dengan input data di aplikasi DGS. Apabila diperlukan rujukan eksternal ke rumah sakit, petugas input data rujukan ke rumah sakit sesuai kebutuhan dan kesepakatan waktu dan tempat rumah sakit yang dituju pasien.
8. Khusus rujukan eksternal, petugas mencetak surat rujukan dan meminta pasien untuk legalisir berkas rujukan di bagian kasir.
9. Petugas mempersilahkan pasien menuju ke unit pelayanan lain yang dituju atau bagian kasir

Maklumat Layanan :