ESC

What are you looking for?

Newsletter image

Subscribe to our Newsletter

Join 10k+ people to get notified about new posts, news and updates.

Do not worry we don't spam!

Shopping cart

Shopping cart

Your favorites

You have not yet added any recipe to your favorites list.

Browse recipes

Schedule your 15-minute demo now

We’ll tailor your demo to your immediate needs and answer all your questions. Get ready to see how it works!

Deskripsi Layanan Tera dan Tera Ulang Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan

Berikut adalah standar deskripsi Layanan Tera dan Tera Ulang Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan :

Keterangan Deskripsi
Jenis Layanan Pelaksanaan Metrologi Legal, Berupa Tera, Tera Ulang, dan Pengawasan
Jangka Waktu Penyelesaian Pelaksanaan Metrologi Legal, Berupa Tera, Tera Ulang, dan Pengawasan Hari
Biaya / Tarif Retribusi Gratis

Terkait biaya retribusi tera awal dan tera ulang di UPTD Metrologi_x005F_x000d_ Bantul sesuai Perda Kabupaten Bantul Nomor 6 Tahun 2023 tentang Pajak Daerah_x005F_x000d_ dan Retribusi Daerah, mulai 01 Januari 2024 Tidak dipungut biaya Retribusi_x005F_x000d_ alias gratis._x005F_x000d_ _x005F_x000d_ _x005F_x000d_ _x005F_x000d_

Deskripsi Biaya / Tarif Total

Terkait biaya retribusi tera awal dan tera ulang di UPTD Metrologi_x005F_x000d_ Bantul sesuai Perda Kabupaten Bantul Nomor 6 Tahun 2023 tentang Pajak Daerah_x005F_x000d_ dan Retribusi Daerah, mulai 01 Januari 2024 Tidak dipungut biaya Retribusi_x005F_x000d_ alias gratis._x005F_x000d_ _x005F_x000d_ _x005F_x000d_ _x005F_x000d_

Penanganan Pengaduan


1.         _x005F_x000d_ Masyarakat_x005F_x000d_ menyampaikan pengaduan baik secara langsung atau melalui surat, telpon maupun media lainnya.

_x005F_x000d_ _x005F_x000d_

2.         _x005F_x000d_ Petugas_x005F_x000d_ penerima pengaduan merinci pengaduan yang diterima dan mendokumentasikan secara_x005F_x000d_ tertulis

_x005F_x000d_ _x005F_x000d_

3.         _x005F_x000d_ Pengaduan_x005F_x000d_ disetujui apabila :

_x005F_x000d_ _x005F_x000d_

·        _x005F_x000d_ Identitas_x005F_x000d_ pelapor jelas;

_x005F_x000d_ _x005F_x000d_

·        _x005F_x000d_ Substansi_x005F_x000d_ pengaduan terkait pelayanan Tera / Tera Ulang.

_x005F_x000d_ _x005F_x000d_

1.         _x005F_x000d_ ​​​​​​​​​​​​​​Pengaduan_x005F_x000d_ yang sudah disetujui, ditindaklanjuti oleh Seksi terkait sesuai dengan jenis_x005F_x000d_ pengaduan, untuk membuat evaluasi, tindakan perbaikan, tanggapan pengaduan.

_x005F_x000d_ _x005F_x000d_ Tanggapan_x005F_x000d_ pengaduan dilaporkan kepada Kepala Seksi Penyuluhan dan Pengawasan_x005F_x000d_ Kemetrologian dan kemudian disampaikan kepada pelapor._x005F_x000d_ _x005F_x000d_ _x005F_x000d_ _x005F_x000d_

Produk Layanan Tera Awal Alat UTTP, Tera Ulang Alat UTTP, Penyuluhan Alat UTTP, Pengawasan BDKT danTerbitnya SKHP (UTTP Bertanda Tera Sah)
Kata Kunci

Prosedur Layanan Tera dan Tera Ulang Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan

Berikut adalah standar prosedur Layanan Tera dan Tera Ulang Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan :

  1. Wajib Tera membawa Alat UTTP yang akan di tera perdana atau tera ulang ke Kantor diserahkan ke Petugas Front Office yang berjaga
  2. Petugas melakukan pemeriksaan visual apakah Alat UTTP tersebut apakah masuk ke dalam ruang lingkup UPTD Metrologi Bantul atau tidak
  3. Ketika memenuhi syarat maka Alat UTTP dicatat dalam buku order wajib tera dan tera ulang
  4. Apabila tidak memenuhi syarat maka dapat dikembalikan kepada pemilik Alat UTTP
  5. Alat UTTP yang memenuhi syarat selanjutnya diserahkan ke Pegawai Berhak melakukan pengujian unjuk kerja Alat UTTP milik Wajib Tera sesuai ketentuan yang berlaku
  6. Jika dari pengujian didapatkan hasil bahwa Alat UTTP tidak memenuhi syarat maka dikembalikan kepada pemohon untuk diperbaiki oleh teknisi
  7. Jika Alat UTTP tersebut dapat diperbaiki maka akan dilakukan pengujian kembali sesuai poin pada dengan persyaratan diberikan jangka waktu maksimal 7 hari kerja untuk dilakukan perbaikan melalui Reparatir
  8. Kemudian Alat UTTP dilakukan Pengujian kembali
  9. Jika Alat UTTP tersebut tidak dapat diperbaiki maka Alat UTTP dibubuhi cap tanda tera BATAL dan Alat UTTP dikembalikan kepada pemohon
  10. Jika dari pengujian didapatkan hasil bahwa Alat UTTP memenuhi syarat (SAH) maka Alat UTTP dibubuhi cap tanda tera sah
  11. Selain Pembubuhan cap tanda tera / Penerbitan Keterangan Pengganti Tanda Tera juga Pemasangan Stiker sebagai tanda masa berlaku tera
  12. Kemudian dilakukan penerbitan Surat Keterangan Hasil Pengujian bila diperlukan oleh Pemilik Alat UTTP
  13. Petugas menghubungi Pemilik Alat UTTP sesuai dengan nomor yang tercantum dalam lembar order, atau ketika batas waktu yang ditentukan belum mendapatkan kabar dari Petugas
  14. Apabila dalam keadaan tertentu Pemilik Alat UTTP ingin menanyakan perihal Alat UTTP dapat menghubungi Petugas melalui nomor yang tertera dalam lembar order
  15. Setelah itu Pemilik Alat UTTP datang ke Kantor UPTD Metrologi Bantul untuk mengambil Alat UTTP disertai dengan bukti lembar order

Persyaratan Layanan Tera dan Tera Ulang Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan

Berikut adalah standar persyaratan Layanan Tera dan Tera Ulang Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan :

  1. Memiliki alat Ukur Takar Tumbang dan Perlengkapannya (UTTP)
  2. Alat UTTP digunakan untuk usaha

Maklumat Layanan Tera dan Tera Ulang Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan

Berikut adalah maklumat Layanan Tera dan Tera Ulang Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan :


Preview