Standar Pelayanan Publik

Izin Praktik Perawat
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu

Jenis LayananIzin Praktik Perawat
Jangka Waktu Penyelesaian11 Hari
Biaya / TarifTidak Dipungut Retribusi
Tidak dipungut biaya
Deskripsi Biaya / Tarif Total

1. Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2014 tentang Keperawatan;
2. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor HK. 02.02/MENKES/148/I/2010 tentang Izin dan Penyelenggaraan Praktik Perawat sebagaimana diubah dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 17 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Kesehatan Nomor HK.02.02/Menkes/148/I/2010 tentang Izin dan Penyelenggaraan Praktik Perawat.

Penanganan Pengaduan

Sarana Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan :

1.       Loket Pengaduan yang ada di ruang Customer Service (di depan);

2.       Ruang pengaduan di Bidang Pengaduan, Pengawasan dan Pengendalian Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu;

3.       E-mail : dpmpt@bantulkab.go.id;

4.       Telepon : (0274) 367867;

5.       SMS : 08112503088, dengan ketik : LAPOR [SPASI] ISI PENGADUAN;

6.       Fax : (0274) 367866;

7.       Kotak saran/pengaduan;

8.       Buku Pengaduan;

9.       Website www.dpmpt.bantulkab.go.id

10.   Surat langsung ke DPMPT Kabupaten Bantul, Komplek II Perkantoran Pemerintah Kabupaten Bantul JL Lingkar Timur Manding Trirenggo Bantul Kodepos 55714.


Produk LayananSurat Izin Praktik Perawat
Kata Kunci

Persyaratan Layanan :

1. 1. fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemohon yang masih berlaku;
2. 2. surat pernyataan domisili bermaterai yang disahkan oleh desa setempat (bagi yang alamat KTP tidak sesuai dengan alamat tempat tinggal);
3. 3. fotokopi STR yang masih berlaku dan dilegalisir;
4. 4. surat keterangan sehat fisik dari dokter yang memiliki Surat Izin Praktik;
5. 5. surat pernyataan memiliki tempat praktik (bagi Praktik Mandiri Perawat);
6. 6. surat keterangan dari pimpinan fasilitas pelayanan kesehatan tempat perawat berpraktik;
7. 7. softcopy pasfoto berwarna terbaru ukuran 4X6 cm (dalam format jpeg);
8. 8. denah lokasi dan denah bangunan (bagi Praktik Mandiri Perawat);
9. 9. rekomendasi dari organisasi profesi setempat; dan
10. 10. rekomendasi dari kepala Dinas Kesehatan (dari Dinas Kesehatan terkirim langsung ke DPMPT).

Prosedur Layanan :

1. 1. Pemohon mengakses website https://izinonline.bantulkab.go.id/, selanjutnya memasukkan username dan password;
2. 2. Pemohon melakukan pendaftaran dengan memilih jenis izin kesehatan yang akan diajukan serta upload syarat – syaratnya;
3. 3. Petugas DPMPT Kabupaten Bantul memeriksa kelengkapan berkas persyaratan yang diajukan :
4. 4. Jika berkas/dokumen permohonan memenuhi syarat administrasi dan teknis, maka permohonan akan diproses lebih lanjut sampai ditetapkan Surat Izin Kerja atau Izin Praktik Perawat oleh Kepala Dinas
5. a. Apabila persyaratan telah dinyatakan benar dan lengkap maka proses akan diteruskan ke Dinas Kesehatan;
6. b. Apabila persyaratan tidak lengkap maka permohonan dikembalikan ke pemohon;
7. 4. Dinas Kesehatan melakukan proses rekomendasi yang telah diajukan pemohon;
8. 5. Dinas Kesehatan memberikan keputusan rekomendasi izin :
9. a. Apabila telah memenuhi persyaratan secara benar dan lengkap maka rekomendasi diterbitkan;
10. b. Apabila tidak memenuhi persyaratan makan rekomendasi ditolak;
11. 6. DPMPT Kab. Bantul melakukan kajian administratif atas berkas permohonan dan rekomendasi dari Dinas Kesehatan Kab. Bantul;
12. 7. Berdasarkan kajian administratif DPMPT Kab. Bantul memberikan keputusan :
13. a. Izin diterbitkan;
14. b. Izin ditolak;
15. 8. Pemohon mengisi SKM (Survey Kepuasan Masyarakat);
16. 9. Pemohon dapat mendownload Izin yang diajukan.

Maklumat Layanan :