Standar Pelayanan Publik

Ruang Teratai
RSUD. Panembahan Senopati

Jenis LayananRuang Teratai
Jangka Waktu Penyelesaian0
Biaya / TarifMengacu pada : 1. Peraturan Bupati Nomor 66 Tahun 2012 tentang Tarif Layanan Kesehatan pada Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Bantul 2. Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomer 16 tahun 2012 tentang Tarif Layanan Kesehatan Kelas III Rumah Sakit U
Biaya berdasarkan rumus / lainnya
Deskripsi Biaya / Tarif Total

sesuai kasus pasien/asuransi yang digunakan pasien

Penanganan Pengaduan

Keluhan atau komplain disampaikan melalui sarana yang disediakan oleh RSUD Panembahan Senopati Bantul, antara lain :

1. Email : rsudps@bantulkab.go.id

2. Surat yang bisa dipertanggungjawabkan

3. Telephone di nomor (0274) 367381/367386

4. SMS Center Direktur, nomor 081328866866

5. Aduan Langsung


Produk Layananomodasi 2. Visite/Konsultasi 3. Tindakan Medis/Keperawatan/Kolaburasi 4. Asuhan Keperawatan 5. Pelayanan Penunjang
Kata Kunci

Persyaratan Layanan :

1. Pasien Umum - pasien atau keluarga menandatangani surat pernyataan mondok yang menyatakan sebagai pasien Umum
2. Pasien Peserta JKN-KIS (BPJS Kesehatan) : - Menandatangani SPM - Surat Rujukan Dari PPK I/Keterangan Gawat Darurat Dari IGD - Fotocopy Kartu JKN KIS - Fotocopy KTP - Fotocopy Kartu Keluarga (untuk peserta PBI) - Mengurus Jaminan Rawat Inap Ke Loket BPJS Surat Jaminan diserahkan Diruang Rawat Inap maksimal 3 x 24 jam
3. Pasien JAMKESSOS - Menandatangani SPM - Surat rujukan dari Puskesmas/ Surat Keterangan Gawat Darurat - Fotocopy JAMKESSOS - Fotocopy Kartu Keluarga - Fotocopy KTP - Surat Keterangan Dirawat dari bangsal - SEP Rawat Inap dari Bapel Jamkesos. - Jaminan diserahkan ke bangsal rawat inap JAMKESDA (khusus warga Bantul) - Menandatangani SPM - Surat rujukan dari Puskesmas/Surat Keterangan Gawat Darurat - Fotocopy Kartu Keluarga - Fotocopy KTP - Surat Keterangan Dirawat dari bangsal - Surat keterangan tidak mampu - Rekomendasi dari BKK Bantul. - SEP Rawat Inap dari JAMKESDA - SEP diserahkan ke RR rawat inap maksimal 3 x 24 J
4. Catatan : 1. persayaratan bisa berubah sesuai peraturan/regulasi yang berlaku. - Pasien Asuransi kesehatan yang belum tertuang dalam standar ini, disesuaikan dengan peraturan dari pihak asuransi terkait

Prosedur Layanan :

1. PROSEDUR PELAYANAN RAWAT INAP 1. Pasien dinyatakan rawat inap oleh dokter (IGD/RawatJalan ) dan keluarga sudah menyetujui, maka perawat mencari info tempat mondok melalui admisi 2. Petugas admisi menginformasikan bangsal perawatan bahwa akan ada pasien mondok, yang perlu diinformasikan adalah jenis kelamin, umur, diagnose 3. Apabila tidak tersedia tempat tidur dirujuk ke RS lain dengan difaslitasi oleh petugas RS 4. Apabila tersedia tempat maka perawat Poliklinik mengantar pasien ke PPRI untuk menjalani persiapan( dilakukan tindakan sesuai dengan advis dokter yang tertulis dalam rekammedis ) dan dilakukan pemeriksaan penunjang. Pasien yang berasal dari IGD, dilakukan prosedur tindakan sesuai dengan kondisi kegawatannya termasuk pemeriksaan penunjang ( radiologi, laboratorium ) apabila diperlukan. 5. Perawat melaporkan data-data pasien keadmisi untuk kemudian dibuatkan rekammedis mondok. 6. Perawat melakukan entri tindakan, diagnosis /ICD X, dan mutasi kebangsal. 7. Petugas melakukan cek kelengkapan dokumen dengan menggunakan ceklist 8. Petugas memberitahu bangsal yang dimaksud bahwa pasien siap diantar ke bangsal 9. Perawat mengantar pasien dan melakukan serah terima dengan bangsal perawat dengan ceklist. 10. Perawat di bangsal melakukan prosedur penerimaan pasien baru( mengecek ulang kondisi pasien dan orientasi pasien baru) 11. Perawat di bangsal melakukan prosedur penerimaan pasien baru( mengecek ulang kondisi pasien dan orientasi pasien baru) 12. Keluarga pasien mengurus jaminan asuransi sesuai dengan jenis asuransi yang dimiliki. 13. Dokter melakukan tindakan medis sesuai dengan kondisi pasien dan dilaksanakan sesuai dengan SPO yang ada. 14. Perawat melaksanakan asuhan keperawatan/ kebidanan kepada pasien sesuai dengan kondisi pasien 15. Jika pasien sudah dinyatakan boleh pulang atau pasien pulang atas permintaan sendiri atau pasien dirujuk, atau pasien meninggal , petugas administrasi bangsal melakukan proses rekap billing dan menyerahkan ke kasir beserta syarat jaminan yang dimiliki. 16. Keluarga melakukan pembayaran kekasir dan akan mendapatkan bukti pembayaran dari kasir. 17. Keluarga menyerahkan bukti pembayaran kebangsal tempat perawatan. 18. Petugas memberikan edukasi tentang rencana perawatan lanjutan di rumah, obat yang harus diminum dan surat Kontrol kepada pasien dan keluarga. 19. Petugas mengantar pasien sampai pintu keluar rawat inap. 20. Pasien yang dirujuk ke rumah sakit lain akan diantar ambulan dan didampingi petugas rumah sakit 21. Pasien meninggal akan diserahterimakan ke petugas perawatan jenazah dengan disaksikan keluarga untuk perawatan lebih lanjut.

Maklumat Layanan :