Standar Pelayanan Publik

Layanan Obat
UPT Puskesmas Bambanglipuro

Jenis Layananobat
Jangka Waktu Penyelesaian30 Menit
Biaya / Tarif
Biaya berdasarkan rumus / lainnya
Deskripsi Biaya / Tarif Total

a.   Retribusi dalam wilayah : Rp 5.500

b.   Retribusi luar wilayah     : Rp 9.000

c.   Retribusi UGD                 : Rp 11.000

d.   Bagi pemegang jaminan kesehatan, biaya ditanggung

Penanganan Pengaduan

a.   Secara tertulis melalui :

­       Surat yang ditujukan kepada kepala Puskesmas Bambanglipuro: Jl.Samas km 14,9 Kaligondang, Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul Kode Pos 55764

­       Kotak Pengaduan di Puskesmas Bambanglipuro

a.   Telepon       : (0274) 2810186

b.   Whats App : 088216458896

c. Email           : pusk.bambanglipuro@bantulkab.go.id

Produk Layananpelayanan obat
Kata Kunciobat

Persyaratan Layanan :

1. Pengguna layanan (pasien) dating
2. Pasien datang setelah dari masing-masing poli
3. Pasien / keluarga pasien menunggu panggilan dari ruang obat

Prosedur Layanan :

1. Pasien datang dan menunggu di ruang tunggu obat
2. Petugas farmasi mengecek resep pasien di DGS
3. Petugas farmasi melakukan skrining administratif, farmasetik, dan klinis
4. Petugas mengkonfirmasi kepada penulis resep jika terdapat ketidaksesuaian
5. Petugas mendahulukan resep cito
6. Petugas menulis pelabelan obat meliputi: 1) Nama pasien 2) Dosis 3) Cara pemakaian obat 4) Frekuensi penggunaan 5) Tanggal resep 6) Keterangan lain yang diperlukan 7) Nama obat 8) Tanggal kadaluwarsa untuk obat yang tidak tercantum tanggal kadaluwarsa
7. Petugas mengambilkan obat yang diperlukan
8. Petugas mencocokan kembali obat yang akan diberikan
9. Petugas memanggil pasien dengan mengkonfirmasi dengan nomor antrian dan minimal dua identitas pasien (nama dan alamat)
10. Petugas farmasi menyerahkan obat disertai dengan informasi obat meliputi Jumlah obat 1) Lama pemakaian 2) Aturan pakai 3) Indikasi 4) Kontra Indikasi (jika ada) 5) Efek samping atau efek yang tidak diharapkan 6) Petunjuk penyimpanan obat di rumah 7) Meminta pasien untuk mengulang kembali informasi yang disampaikan
11. Petugas menganjurkan kepada pasien untuk kembali ke puskesmas jika label obat hilang
12. Petugas mempersilahkan pasien bertanya jika belum jelas, jika belum jelas petugas menjelaskan kembali informasi yang belum jelas

Maklumat Layanan :