Standar Pelayanan Publik

Izin Koperasi Simpan Pinjam
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu

Jenis LayananIZIN USAHA SIMPAN PINJAM KOPERASI
Jangka Waktu Penyelesaian30 Hari
Biaya / TarifTidak dipungut biaya
Tidak dipungut biaya
Deskripsi Biaya / Tarif Total

1. Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi secara Elektronik;
2. Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor 11 tahun 2018 tentang Perizinan Usaha Simpan Pinjam Koperasi;
3. Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor 05 tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor 11 tahun 2018 tentang Perizinan Usaha Simpan Pinjam Koperasi.

Penanganan Pengaduan

1. Loket Pengaduan yang ada di ruang Customer Service (di depan);
2. Ruang pengaduan di Bidang Pengaduan, Pengawasan dan Pengendalian Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu;
3. E-mail : dpmpt@bantulkab.go.id;
4. Telepon : (0274) 367867;
5. SMS : 08112503088, dengan ketik : LAPOR [SPASI] ISI PENGADUAN;
6. Fax : (0274) 367866;
7. Kotak saran/pengaduan;
8. Buku Pengaduan;
9. Website www.dpmpt.bantulkab.go.id
10. Surat langsung ke DPMPT Kabupaten Bantul, Komplek II Perkantoran Pemerintah Kabupaten Bantul JL Lingkar Timur Manding Trirenggo Bantul Kodepos 55714.

Produk LayananIzin Usaha Simpan Pinjam KSP/KSPPS diterbitkan Lembaga OSS atas nama Bupati
Kata Kunci

Persyaratan Layanan :

1. 1. Nomor Induk Berusaha (NIB);
2. 2. Persyaratan Pemenuhan Komitmen Izin Usaha :
3. a. Izin Lokasi;
4. b. Izin Lingkungan;
5. c. IMB;
6. d. SLF (Sertifikat Laik Fungsi);
7. 3. Persyaratan Penerbitan Surat Persetujuan Izin Usaha Simpan Pinjam terdiri atas :
8. a. bukti setoran modal sendiri berupa rekening tabungan atas nama Koperasi, pada bank umum untuk Koperasi Simpan Pinjam (KSP) dan Bank Syariah untuk Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS);
9. b. bukti setoran modal yang ditempatkan koperasi pada Unit Simpan Pinjam (USP)/ Unit Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (USPPS) Koperasi, pada bank umum untuk USP dan bank syariah untuk USPS;
10. c. rencana kerja selama 3 (tiga) tahun yang menjelaskan mengenai rencana permodalan, rencana kegiatan usaha, serta rencana bidang organisasi dan sumber daya manusia;
11. d. administrasi dan pembukuan usaha simpan pinjam pada KSP atau USP/USPPS Koperasi yang dikelola secara khusus dan terpisah dari pembukuan koperasinya;
12. e. nama dan riwayat hidup pengurus, pengawas dan calon pengelola;
13. f. memiliki kantor dan sarana kerja; dan
14. g. memiliki Dewan Pengawas Syariah dengan rekomendasi Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN - MUI) atau MUI Provinsi / Kabupaten / Kota setempat atau memiliki sertifikat pendidikan dan pelatihan DPS dari DSN-MUI bagi KSPS dan USPPS Koperasi.

Prosedur Layanan :

1. 1. Koperasi mengakses OSS (www.oss.go.id);
2. 2. Pemohon memberikan checklist komitmen Izin Usaha Simpan Pinjam KSP/KSPPS dan mengisi Data Usaha Koperasi;
3. 3. Pemohon memenuhi persyaratan komitmen melalui Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Kabupaten Bantul;
4. 4. Pemeriksaan dan persetujuan terhadap dokumen fisik pemenuhan komitmen oleh Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Kabupaten Bantul;
5. 5. a. jika dokumen pemenuhan komitmen belum lengkap dan benar maka surat persetujuan tidak terbit;
6. b. apabila dokumen pemenuhan komitmen telah lengkap dan benar, maka dibuatkan surat persetujuan;
7. 6. Koperasi menyerahkan Surat Persetujuan tersebut ke DPMPT Kabupaten Bantul;
8. 7. Izin Usaha Simpan Pinjam KSP/KSPPS berlaku efektif.

Maklumat Layanan :